Finansial

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit: Hal yang Perlu Diketahui

March 19, 2024
Penulis
Rabbani Haddawi
Isi Artikel

Kartu debit dan kartu kredit adalah dua alat pembayaran yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun keduanya memiliki kemiripan dalam penggunaan, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipahami. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara kartu debit dan kredit.

Simak selengkapnya mulai dari pengertian, fungsi, dan perbedaan lainnya di antara kedua jenis produk bank ini.

Perbedaan Dari Segi Pengertian

Kartu debit dan kartu kredit memiliki perbedaan dalam pengertian dasarnya. Kartu debit adalah kartu elektronik yang diterbitkan oleh bank kepada pemegang rekening tabungan atau giro. Kartu ini digunakan untuk transaksi perbankan di mesin ATM dan berbelanja di toko yang memiliki mesin gesek Electronic Data Capture (EDC).

Sementara itu, kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan sejenis. Kartu ini memberikan fasilitas kepada pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Yang membedakan kartu debit dari kartu kredit adalah bahwa penggunaan kartu debit akan langsung mengurangkan dana dari saldo rekening pemilik kartu. Dalam arti lain, pemegang kartu debit hanya dapat menggunakan dana yang sudah ada di rekening mereka saat transaksi. Tidak ada utang yang terakumulasi ketika menggunakan kartu debit.

Dalam rangka untuk memiliki kartu debit, pemiliknya perlu memiliki rekening tabungan atau giro dengan bank yang menerbitkan kartu tersebut. Kartu debit tidak memungkinkan pemegangnya untuk melebihi saldo yang ada di rekening mereka.

Dengan demikian, perbedaan utama antara kartu kredit dan kartu debit dari segi pengertian adalah bahwa kartu kredit memungkinkan pemegangnya untuk melakukan pembayaran dengan pinjaman sementara yang harus dibayar kemudian, sementara kartu debit mengharuskan pengguna menggunakan dana yang sudah ada di rekening mereka saat transaksi.

Perbedaan Dari Segi Status Kepemilikan Kartu

Dari segi kepemilikan, kartu debit dan kartu kredit juga memiliki perbedaan. Kartu debit diterbitkan oleh bank kepada pemilik rekening atau giro. Dalam banyak kasus, pemegang kartu debit juga harus memiliki saldo yang mencukupi di rekening mereka agar kartu debit dapat digunakan. Jumlah saldo yang tersedia di rekening akan menentukan sejauh mana pemilik kartu debit dapat melakukan transaksi.

Di sisi lain, kartu kredit diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan sejenis kepada pemegang kartu tanpa harus memiliki rekening tabungan atau giro.

Artinya, kamu bisa memiliki kartu kredit dari berbagai bank atau lembaga keuangan tanpa memiliki rekening di bank tersebut.

Kartu kredit tidak terikat secara langsung dengan saldo rekening pemegangnya. Kartu ini memberikan fasilitas pinjaman yang dapat digunakan oleh pemegang kartu tanpa harus memiliki dana di rekening saat transaksi. Kepemilikan kartu kredit lebih terfokus pada individu sebagai pemegang kartu, dan pemiliknya dapat menggunakannya di berbagai tempat yang menerima kartu kredit, terlepas dari bank penerbit kartu tersebut.

Jadi, perbedaan utama dari segi status kepemilikan kartu adalah bahwa kartu debit terkait langsung dengan kepemilikan rekening bank, sedangkan kartu kredit memiliki status kepemilikan yang lebih independen dan tidak tergantung pada kepemilikan rekening bank tertentu.

Perbedaan Dari Segi Pemakaian

Pemakaian kartu debit dan kartu kredit juga berbeda. Kartu debit dapat dianggap sebagai bentuk sederhana dari rekeningmu. Kamu bisa menggunakannya untuk tarik tunai dan pembayaran atau transfer ke rekening lain, baik dalam bank yang sama maupun bank lain. Penggunaan kartu debit akan langsung mengurangi dana dari rekening tabungan atau giro.

Di sisi lain, kartu kredit berfungsi lebih seperti pinjaman. Meskipun dapat digunakan untuk transfer dan tarik tunai, penggunaan kartu kredit ini melibatkan biaya yang harus dibayarkan.

Perbedaan Limit dan Cicilan Pembayaran

Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal limit penggunaan kartu. Kartu debit terkait langsung dengan saldo rekening atau giro, sehingga limitnya bergantung pada jumlah dana yang ada di rekening tersebut. Selama saldo mencukupi, kartu debit dapat terus digunakan.

Kartu kredit memiliki limit yang ditetapkan oleh bank atau lembaga keuangan yang menerbitkannya. Limit ini didasarkan pada kebijakan penerbit kartu dan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kartu dan kebijakan lainnya.

Disamping itu kartu debit dan kredit juga berbeda dalam hal cicilan pembayaran. Pembayaran menggunakan kartu kredit dapat dicicil sesuai dengan limitnya sedangkan kartu debit tidak bisa karena bersumber dari dana rekening.

Perbedaan Biaya Kartu Debit dan Kredit

Dalam penggunaannya, baik kartu debit dan kredit memiliki biaya yang dibebankan pada nasabah. Perbedaan kartu debit dan kredit dalam hal ini adalah biaya administrasi kartu debit dibebankan tiap bulannya, sedangkan kartu kredit di tiap tahun. Biaya ini tentunya berbeda-beda pada tiap produk kartu serta bank atau lembaga keuangan penerbit kartu. Biaya administrasi ini juga bisa menjadi salah satu faktor dalam memilih produk kartu yang sesuai dengan nasabah.

Perbedaan Fisik Kartunya

Perbedaan terakhir adalah dalam fisik kartu. Meskipun pada pandangan pertama keduanya terlihat sama dengan 16 digit nomor kartu di bagian depan, ada beberapa perbedaan fisik yang membedakan kartu debit dan kartu kredit.

Kartu kredit umumnya memiliki tampilan yang lebih mewah dibandingkan kartu debit. Informasi penting pada kartu kredit sering dicetak timbul atau emboss.

Di sisi lain, kartu debit biasanya dicetak rata. Selain itu, ada beberapa informasi yang ada di kartu kredit tetapi tidak ada di kartu debit, seperti nama pemilik kartu dan masa berlaku kartu.

Dengan demikian, telah dijelaskan perbedaan kartu debit dan kredit yang perlu diketahui dalam era cashless seperti sekarang. Masing-masing kartu memiliki kegunaan dan karakteristiknya sendiri, dan pemilihan kartu tergantung pada kebutuhan dan preferensimu dalam bertransaksi.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam lebih memahami perbedaan kartu debit dan kredit, ya. Jika kamu tertarik dengan tips dan informasi seputar keuangan seperti artikel di atas, selalu kunjungi laman KitaMapan untuk mendapatkan update terbarunya.

Kamu juga bisa berlangganan newsletter-nya hanya dengan memasukkan alamat email. Yuk, mulai terapkan tips mengelola keuangan dari KitaMapan sekarang!